Iklan Enamel BAND SPEDA

Reklame Enamel DUNLOP

Ini merek top, sebuah pabrik pembuatan Ban Speda "DUNLOP". Reklame enamel kuno ini secara visual ilustrasi kemasan bergaya vintage cukup sukses sebagai daya pikat. Istimewa ! Dengan ilustrasi ‘keeksotisan’ alam Hindia Belanda, seperti gambar gunung berapi, lembah, dan pantai.

Tapi, sungguh, ketika pertama melihatnya saya seperti terlempar ke masa silam. Dibuat pada era Dutch East Indies dekade 1930-an yang terlihat pada tulisan "Nederland Indie Fabrikaat" diiringi dengan deskripsi singkat " Termashoer Sedari Tahoen 1888"

Iklan atau reklame adalah pesan persuasif kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan melalui suatu media. Iklan enamel dengan penempatan pada tiang dilakukan untuk mengoptimalisasi ruang karena memiliki dua sisi atau bolak-balik, umumnya tiap sisi memiliki kesamaan bentuk visual.

Tidak hanya sekedar reklame, desain iklan ban sepeda tersebut menampilkan keelokan alam Indonesia, yang pada masa itu terkenal dengan istilah "Mooi Indie" atau "Hindia Molek". Gaya lukisan "Mooi Indie" adalah gaya yang dipakai pelukis Belanda pada masa lalu, yang kagum pada kemolekan alam Indonesia. Mereka menampilkan lanskap dengan pakem visual berupa gunung dan hamparan sawah sebagai unsur utama.

Kelangkaan barang membuat para kolektor berlomba untuk mencari "harta mewah" ini. Reklame enamel yang mempunyai 2 sisi bolak-balik ini mempunyai ukuran diameter 60 cm. Tertarik memilikinya ?? SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post