Furniture Van der Pool


Buffet Van der Pool Antik

Namun jika merunut sejarahnya, koleksi ini muncul saat nusantara sedang dalam masa penjajahan kolonial Belanda. Buffet Van der Pool buatan sekitar awal tahun 1900-an ini masih tampak kokoh dan mantap,
bernuansa masa lampau yang mempunyai ukuran P.170 cm x L.60 cm x T.125 cm itu kini terbilang langka dan susah ditemukan.

Tampak pada bagian belakang terdapat plat kode O.G.E.M  1 8 5 setelah ditelusuri ternyata koleksi ini barang inventarsi milik N.V Overzeesche Gas en Elektriciteits Maatschappij (N.V OGEM) atau sekarang disebut Perusahaan Gas Negara.

Jika dicermati corak tekstur dan desain ornamen bergaya Indische Empire Stijl namun kaya akan unsur dekoratif, merupakan ciri khas produk Eropa masa lampau dengan nilai-nilai budaya yang berlaku pada zaman itu ditampilkan lewat kualitas bahan dan detail tekstur pengerjaannya.

Langgam gaya desain Art Nouveau sebagai simbol kekuasaan, status sosial, dan kebesaran penguasa saat itu. Tentu barang lama yang secara kualitas jelas tidak diproduksi sembarangan.

Berorientasi pada prinsip arsitektur kolonial yang "dikemas" dalam wujud modern sehingga penampilannya lebih kontemporer, dan desain yang tak lekang dimakan waktu sekaligus mengekspresikan kemapanan pemilik.

Buffet kayu jati era Dutch East Indies memperkuat gaya sebuah interior, membentuk ciri khas, serta menciptakan sense of space ketika ada tamu yang memasuki rumah. Memiliki koleksi ini adalah impian setiap kolektor peninggalan Dutch East Indies. Kelangkaan, orisinilitas dan usianya yang lebih dari 100 tahun ini membuatnya semakin menarik. Tertarik memilikinya ?? SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post