Meteran Modiste Kolonial

Sebuah Jejak Rekam Modiste...

Pada umumnya, kemasan-kemasan jaman dulu sering menggunakan nama dan bahkan potret diri sebagai merek produknya. Produk era Dutch East Indies dengan ukuran P.4 cm x L.4 cm dan T.4 cm ini juga menjadi alat promosi untuk menarik perhatian pembeli. Visual yang tampak menjadi bagian aplikasi desain komunikasi visual dan pernah mengalami masa jaya pada tahun 1930-an

Gaya desain dan bahasa dalam bentuk secara visual terpengaruh “Hollandsch denken en Hollandsch inzicht” (berfikir dan berpandangan ala Belanda) Dapat dilihat dari penataan tipografi huruf yang seimbang dan teratur ini The Bok " TOKO HINDIA " Handel in Manufacturen SOERABAYA - TOKO SOERABAYA Dames & Heeren Mode-Artikelen BANDJERMASIN.

Ditilik dari mereknya terlihat upaya untuk melakukan “pribumisasi” dari produk yang datang dari Barat itu. Apalagi, kenangan yang dibawa koleksi ini membawa sensasi tersendiri bagi mereka kalangan pecinta pernik koleksi peninggalan Dutch East Indies. Nuansa nostalgia tergali melihat koleksi pernik modiste menjadi saksi zaman ini. Sudah jarang khan melihat meteran kuno penjahit yang semacam ini ??

No comments:

Post a Comment

Popular Post