Iklan Kaleng Obat Batuk


Iklan Komersial Masa Lalu....

Boleh jadi mata saya tidak beres, dari logo tampak terlihat Pagoda, tapi si pemilik merek menyebutnya " Cap Dua Menara" Itulah bahasa, mengenal rasa dan selera zaman. Merek yang nyeleneh, dan nyatanya menancapkan brand awareness yang cukup kuat.

Soal rasa saya tidak tahu, karena saya bukan peminum obat batuk merek ini. Yang saya agak tahu, di tangan konsumen setianya yang diakrabi para keluarga di Indonesia, obat batuk Peppermint ini dipercaya dapat menyembuhkan Batuk Pilek, Batuk Angin dan Sesak Napas.

Keunikan lain: dari kemasan sudah terasa aroma oriental, sungguh bukti keragaman Indonesia. Seakan ingin memberi tahu bahwa produk ini berasal dari China yang notabene terkenal akan obat-obatannya. " Ini Obat Tjoema Di Bikin Pada " : TOKO OBAT PO AN JOK FONG - DJAKARTA.

Biasanya produk China-lah yang sering memakai nama pada kemasan produknya sebagai jaminan personal dari si pemilik bahwa produknya itu memang berkualitas.

Secara visual ilustrasi iklan bergaya vintage cukup sukses sebagai daya pikat. Menurut gambar kemasan, juga cocok untuk wanita dewasa. Gambar ilustrasi itu mengingatkan saya pada film-film Bing Slamet atau (yang lebih tua lagi) P. Ramlee

Iklan kaleng ini mempunyai ukuran P.38 cm x L.28 cm ini masih menggunakan ejaan lama, tipografi aturan pakainya juga sangat jelas dan informatif beredar di pasaran sekitar tahun 1950 an. Sudah jarang khan melihat iklan kaleng obat batuk "Cap Dua Menara" merek lama yang semacam ini ??

No comments:

Post a Comment

Popular Post