Kebaya Encim








Kain Kebaya Encim Tempo Doeloe

Bagi kalangan pecinta batik, atau mereka yang mampu mengapresiasi keindahan di balik batik, koleksi-koleksi di museum batik niscaya tak ternilai harganya. Apalagi bila dipahami bahwa dari sebuah artefak, kita bukan hanya menikmati aspek estetika melainkan juga nilai arkeologisnya.

Seperti halnya kebaya encim (kebaya yang dipopulerkan wanita Peranakan Tionghoa dan bercirikan bordir di kancingnya). Warga Tionghoa memang mengenal busana yang diberi nama baju atau kebaya encim. Busana ini biasanya digunakan pada acara-acara resmi.

Sebenarnya berasal dari jenis Kebaya Nyonya yang diciptakan pertama kali oleh orang-orang Peranakan dari Malaka. Kebaya yang terkadang juga disebut dengan nama Kebaya Nyonya ini biasanya dikenakan dengan kain atau sarung batik.

Hanya saja, karena kemajuan dunia model, busana ini telah mengalami banyak modifikasi. Kebaya encim yang asli, merupakan hasil kombinasi antara baju sanghai khas China dengan kebaya khas Melayu. Biasanya kebaya encim ini terbuat dari bahan rajutan dan dikombinasikan dengan kain atau sarung batik.

Jika anda berminat dengan koleksi ini, bisa menghubungi saya di e-mail : kedaibarangantik@gmail.com SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post