Plakat Etika Kuno

Kesederhanaan Pencitraan Normatif...

Yang menggugah rasa ingin tahu adalah bagaimana plakat itu dibuat tapi desainnya secara khusus disesuaikan dengan kondisi kearifan lokal. Memperlihatkan kesederhanaan teknik desain grafis pada masa lalu, tapi juga mencerminkan kesederhanaan gaya hidup dan cara berpikir masyarakat tempo doeloe.

Simpel dan kuat desainnya, dapat dilihat dari penataan gambar dan tipografi huruf yang seimbang dan memiliki kerterbacaan yang jelas. Sayangnya, keberadaan plakat bernuansa masa lampau itu kini terbilang langka dan susah ditemukan.

Gaya desain dari plakat dalam bentuk secara visual terpengaruh “Hollandsch denken en Hollandsch inzicht” (berfikir dan berpandangan ala Belanda) :

Berhubung Suatu Hal. Diminta Dengan Hormat Dan Sangat Sudilah Kiranja Para Tamu "Tidak Minum Rokok" Disini, Jang Merupakan Ber-Matjem2 Rokok Putih. Terimakasih.

Kesederhanaan pencitraan memang masih kuat, baik lewat pengolahan bahasa visual maupun bahasa teks yang mempunyai ukuran P.38 cm x L.13,5 cm ini Ditilik dari bahasa yang masih mewarnai kehidupan masyarakat era kolonial terlihat upaya untuk melakukan "pribumisasi" pesan tekstual dalam kehidupan sosial masyarakat pada masa itu. Berminat ? SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post