Tan Hok Tjiang - Pekalongan

Semangat Batik Sepanjang Masa...

Dalam dunia perbatikan, pola Buketan adalah salah satu pola yang banyak diminati kalangan kolektor batik lawasan. Motif Buketan ini awalnya muncul didaerah batik pesisir, yang pada masa penjajahan Belanda banyak dipengaruhi oleh pengusaha batik asal Belanda dan China.

Sebagian pola pada batik Belanda termasuk kedalam pola Buketan, sehelai wastra pola Buketan dari rangkaian bunga atau kelopak bunga dengan kupu-kupu, burung atau berbagai satwa kecil yang mengelilinginya. Berbagi unsur tersebut tampil dalam susunan yang membentuk satu kesatuan yang selaras.

Namun, kecantikan batik Tan Hok Tjiang - Pekalongan ini tidak hanya karena polanya yang bunga atau kupu-kupu itu. Kecermatan dan proses membatik serta mewarnai yang lumayan rumit, njlimet, memberinya nilai tersendiri, cantik tentunya.

Kain yang sudah berusia lebih dari 80 tahun ini tak ternilai nilai historisnya, sesungguhnya letak kemahalan batik tersebut ada pada disainnya yang kuno, halus, dan akurat. Sehingga hasilnya tidak hanya merupakan hasil kerajinan tapi barang seni yang mempesona. Mau ?? SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post