Reklame Enamel J.VAN GORKOM & CO

AER BLANDA - LIMOEN & STROOP J.VAN GORKOM ca.1923
Kebudayaan Indis sebagai perpaduan budaya Belanda dan Jawa juga terjalin dalam berbagai aspek misalnya dalam pola tingkah laku, cara berpakaian, sopan santun dalam pergaulan, cara makan, cara berbahasa, penataan ruang, dan gaya hidup.

Nilai-nilai budaya yang berlaku pada zaman itu ditampilkan sebagai simbol kekuasaan, dan status sosial. Toko J.van GORKOM & CO menyediakan berbagai kebutuhan bagi golongan priayi dan penduduk pribumi yang telah mencapai pendidikan tinggi merupakan masyarakat papan atas target pemasaran produk yang langsung diimpor dari Belanda.

Jika dicermati logo ROYAL DUTCH digunakan sebagai merk untuk memikat para Meneer Belanda dan berorientasi pada prinsip kepentingan penguasa sebagai simbol kekuasaan yang harus ditaati pada masa itu. Reklame enamel ini dibuat oleh pabrikan enamel dari "LANGCAT - BUSSUM", Holland.

Reklame enamel J.van GORKOM & CO - HOFLEVERANCIERS yang mempunyai ukuran P.72 cm x L.63 cm pada era Dutch East Indies dengan logo bergaya Indische Empire Stijl menjadi alternatif desain yang tak lekang dimakan waktu. Dilihat dari corak teksturnya dan komposisi warna-warni yang dihasilkan sangat luar biasa dan menjadikan koleksi ini terkesan sangat antik dan aristocratic. Berminat ?  SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post