Pakaian Kapitan Tionghoa

Rekam Jejak Kapitan Tionghoa...

Kapitan adalah pejabat yang diangkat oleh Pemerintahan Kolonial Belanda dan biasanya dipilih atas dasar ketokohan dan kekayaan serta pengaruh dalam masyarakat pedagang Tionghoa.

Kapitan Tionghoa pada umumnya merupakan orang-perorang yang sangat kaya diantara komunitas masyarakat Tionghoa dan kekayaan menjadi bagian dari parameter penghargaan yang tinggi dan pengaruh ketokohannya pada komunitas masyarakat Tionghoa yang dipercayai penuh berperan menjembatani kepentingan ekonomi, politik, dan sosial antara Pemerintah Kolonial Belanda dengan Komunitas Tionghoa.

Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, Tionghoa mengalami perubahan dari masyarakat yang diawasi menjadi masyarakat yang mempunyai kedudukan istimewa. Pakaian Luitenant der Chineezen (motif pada bagian dada - ukuran P.32 cm x L.29 cm) ini merupakan jejak sejarah yang merekam bentuk eksotisme nilai paduan gaya tradisional Tionghoa di bumi Nusantara pada masa kolonialisme.

Baju kebesaran Kapitan Tionghoa pada bagian dada terdapat motif Lokcan disulam dengan kawat perak dengan sepuh emas menggambarkan situasi masa lalu yang sangat mewah dengan idiom budaya Tiongkok. Berminat memilikinya ?? SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post