Kotak Surat Oriental

Kotak Surat Nasibmu Kini...



Banyak hal lucu yang tergali kembali melihat sebuah kotak surat antik semacam ini. Saat ini, sangat sulit menemukan rumah yang masih mempertahankan kotak surat di dekat pagar. Jikapun ada, kotak surat tersebut sudah berkarat terkena terik matahari dan guyuran hujan.



Begitu pula dengan koleksi kotak surat kayu yang mempunyai ukuran P.33 cm x L.15 cm x T.49 cm dengan motif oriental ini sudah di re-finishing ulang tampilan luarnya. Kotak surat kayu antik ini sudah sangat jarang dijumpai, kalaupun ada itupun hanya sebagai hiasan semata.



Banyak alasan muncul mengapa tidak menggunakan kotak surat lagi. Sebagian besar teman-teman saya menjawab bahwa kotak surat menjadikan rumah terlihat kuno. Betul juga, namun bagi seorang arsitektur atau pengagum benda-benda kuno, kotak surat dapat difungsikan menjadi penambah eksotisnya suatu bangunan.



Saya juga merasa geli sendiri, melihat orang dengan bangganya menyatakan bahwa bangunannya masih peninggalan jaman Belanda padahal kotak suratnya sudah lenyap. Rasa sesal karena pernah tidak memiliki atau mungkin pernah kehilangan. Bahkan bisa menjadi nostalgia yang melemparkan ingatan pada masa itu. Sudah jarang khan melihat "kotak pos kayu" yang semacam ini ??

No comments:

Post a Comment

Popular Post