Foto Kuno Antik




Potret Tempo Doeloe

Sebuah potret masa lampau memiliki sentuhan cita rasa seni menjadi daya tarik dari masa ke masa. Ia mewakili budaya dan tradisi masa lampau yang kental dengan gaya hidup saat itu; yang bersahaja. Potret masa lampau kini banyak diburu orang, ketelatenan menyimpan “pusaka” kakek dan nenek melepaskan kerinduan dan mengingat kenangan manis di masa lalu.

Potret ini menyimpan banyak cerita tentang budaya dan bagian dari kronologi perkembangan proses fotografi di Indonesia. Langka dan berkarakter atas dasar inilah potret tempo doeloe yang mempunyai ukuran P.22 cm x L.17,5 cm ini menjadi barang yang paling diminati kolektor. Tak heran jika para kolektor memburunya, itu tercermin dari bentuk-bentuk desain detail elemen serta aplikasi warnanya.

Potret keluarga tempo doeloe ini usianya hampir 100 tahun, serasa bagai kembali ke masa silam, jaman kolonial. Foto keluarga ini dicetak oleh Tham Brother's Sambongan 52, Soerabaja. Ada hal menarik dan bernilai dari sebuah potret masa lampau... Golongan priayi dan penduduk pribumi yang telah mencapai pendidikan tinggi merupakan masyarakat papan atas karena dianggap bisa dijadikan sebagai simbol status dan keagungan. Kita bukan hanya menikmati aspek estetika melainkan juga nilai arkeologisnya. Tertarik memilikinya ??

No comments:

Post a Comment

Popular Post