Komik Lawas Anglingkusuma




Tjerita Bergambar ANGLINGKUSUMA....

Akronim cerita (ber)gambar, mengikuti istilah cerpen (cerita pendek) yang sudah terlebih dahulu digunakan, dan konotasinya menjadi lebih bagus, meski terlepas dari masalah tepat tidaknya dari segi kebahasaan atau etimologis kata-nya.

Tetapi menilik kembali pada kelahiran komik, maka adanya teks dan gambar secara bersamaan dinilai sebagai sarana pengungkapan yang benar-benar orisinal. Kehadiran teks bukan lagi suatu keharusan karena ada unsur motion yang bisa dipertimbangkan sebagai jati diri komik lainnya.

Anglingkusuma adalah nama seorang tokoh legenda dalam tradisi Jawa. Banyak orang yang membaca komik saat masa kecilnya, tapi hanya ada beberapa orang yang masih menjalankan kebiasaan ini setelah mereka dewasa dan kemudian menjadi kolektor dari komik-komik yang menjadi kenangan dulu.

Komik lama oleh S.Tjandra - Penerbit T.B Garuda Surabaja pada tahun 60-an (ejaan lama) ini mempunyai keunikan yang tak tergantikan. Inilah desain ilustrasi komik yang membuat saya kagum sekaligus terharu! Seperti apakah desain yang mengindonesia ?

No comments:

Post a Comment

Popular Post