J.VAN GORKOM & CO DJOKJAKARTA

Gelas J.Van Gorkom & Co Djokjakarta Ca.1923

Minuman yang terkenal dengan sebutan Aer Blanda - Tjap Boeroeng ini bahkan sudah hadir sejak negara ini masih berada di bawah pendudukan Belanda dan masih bernama Hindia Belanda, Nederlands Indie. Koleksi gelas reklame "MINERAAL WATER FABRIEK - HERCULES" ini dibuat dibawah lisensi J.VAN GORKOM & CO DJOKJAKARTA.

Nilai-nilai budaya yang berlaku pada zaman itu ditampilkan sebagai simbol kekuasaan, dan status sosial. Bagi penikmat minuman nya, mereka adalah simbol pemanjaan dorongan hedonistis. Ilustrasi desain gambar menunjukkkan bahwa produk ini memang ditujukan untuk kalangan penguasa.

Gelas kristal tersebut sekarang sudah jarang ditemui, mempunyai ukuran dimensi T.11 cm x Diameter 6,5 cm. Minuman kelas premium itu sekarang sudah dapat dipastikan hilang dari peredaran. Koleksi ini memiliki latar belakang historis yang dipengaruhi oleh budaya Eropa masa lampau.

Tak sempat terpikirkan, sebenarnya koleksi gelas reklame ini dengan perancangan sebuah media visual label merupakan salah satu karya desain komunikasi visual. Di dalamnya merepresentasikan nilai kreativitas dan terkandung berbagai unsur estetika, seperti: komposisi, warna, tipografi, ilustrasi, dan lainnya. Mau ??

1 comment:

Anonymous said...

Is this for sale?

Post a Comment

Popular Post