Buku BATIC - Education And Culture

Buku Penguat Sejarah Batik...

Sesuai judulnya, buku yang berisi tentang kumpulan sejarah batik sebagai wujud hasil cipta karya seni yang adiluhung. Jika dicermati terdapat motif "Parang Rusak" di sampul depan buku dan motif "Sido Mukti" sampul belakang buku terbitan 1957 ini. Batik dari Yogyakarta yang paling dominan menjadi pilihan utama dalam penulisan buku ini.

Buku 40 halaman ini pun dilengkapi dengan foto-foto, di setiap foto tercantum penjelasan terperinci tentang asal batik, motif, teknik, bahan, cara pewarnaan. Penjelasan ini membantu pembaca lebih memahami karakteristik setiap batik.

Batik adalah proses kehidupan panjang yang dipercaya masyarakat Jawa. Siapa pun dia yang merasa menjadi orang Jawa pasti mengenal batik atau kain melalui peran seorang ibu, nenek, atau orang yang dituakan.

Bagi masyarakat Jawa, batik merupakan bagian dari denyut napas kehidupan. Dalam siklus kehidupan, manusia Jawa tidak akan terlepas dari batik yang mencatat sejarah kehidupan seseorang.

Mulai pertama dilahirkan ke bumi sebagai bayi, ia berbungkus kain batik demi melindungi tubuh mungilnya dari panas dan dingin. Berangsur tumbuh menjadi remaja sampai dewasa, ia mengenakan kain batik. Lalu ke jenjang pernikahan, seseorang memakai batik sebagai busana pengantinnya. Hingga meninggal pun, saat masuk ke liang lahad, tubuhnya berbungkus kain panjang batik.

Minimnya referensi tertulis mengenai koleksi motif batik tradisional menimbulkan kesenjangan pengetahuan antargenerasi. Masalah akan muncul ketika generasi tua yang memahami corak tersebut tidak sempat mewariskan ilmunya kepada generasi muda. Yang pasti buku ini, sangat bagus untuk para pengemar kebudayaan terutama pengemar batik. Berminat memilikinya ?? SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post