Kain Sarung Lawasan

THE GLAMOUR OF BATIK ENCIM...

Dengan memiliki latar belakang wawasan tentang batik dan menggunakan mata hati, kita bisa melihat lembar-lembar kain sepanjang pesisir itu tidak hanya seperti melihat tatanan benda yang menarik. Lebih dari itu, setiap detailnya seperti berbicara saat mata kita memandangnya...

Batik sarung selalu mempunyai bagian yang disebut kepala dan badan. Kepala pada sarung ini berwarna merah, begitu tepi kain yang disebut "pinggir". Warna merah diperoleh dari akar pohon mengkudu (Morinda citrifelia L.) Pada bagian kepala tumpal tampak burung cendrawasih dan bunga wisteria yang bermakna hujan rejeki.

Motif batik pesisiran dari juragan batik HADJI DOELSALAM - GROGOLAN, PEKALONGAN ini dengan latar (tanahan) kembang cengkih dan buketan motif Carcena atau pacar cina sangat unik dan jarang ada. Kecermatan dan proses membatik serta mewarnai yang lumayan rumit, njlimet, memberinya nilai tersendiri, cantik tentunya.

Selain untuk melindungi desain dan melindungi batik dari dicuri saat pengerja batik membawanya ke tempat lain untuk pewarnaan, membubuhkan cap yang berisikan nama dan alamat pembatik juga merupakan saran untuk beriklan.

Pada masa itu harga kain batik kualitas baik sekitar 15 gulden, padahal harga emas 1 gulden per gram. Sejak 1901 semua rumah gadai (pandhuis) diambil-alih dan dimonopoli oleh Pemerintah Hindia Belanda, barang-barang yang seringkali digadaikan adalah kain batik. Karena banyak orang yang sering menggadaikan kain sarung maka dari itu terdapat pesan tekstual " INI BATIK DJANGAN DIGADE " Berminat memilikinya ?? SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post