Toilet Zeep Indies




Botol Sabun Dutch East Indies

Pernak pernik lama selalu mengundang perhatian karena bentuknya yang unik. Namun jika merunut sejarahnya, koleksi ini muncul saat nusantara sedang dalam masa penjajahan kolonial Belanda.

Bukan sabun cair dan wewangian yang ditonjolkan dalam koleksi ini akan tetapi sebuah botol sabun cair berbahan kaca kristal yang mempunyai ukuran tinggi 10 cm ini merupakan peninggalan kolonial pada era Dutch East Indies, sebagai simbol kekuasaan, status sosial, dan kebesaran penguasa saat itu.

Jika dicermati tekstur dan desain botol dengan ornamen mahkota merupakan ciri khas produk Eropa masa lampau. Bagi kalangan pecinta pernik koleksi peninggalan Dutch East Indies, persis seperti saat menghirup wangi parfum yang membawa kita pada memori masa lampau. Tentu barang lama yang secara kualitas jelas tidak diproduksi sembarangan.

Koleksi botol sabun cair ini sungguh mempesona. Kita bukan hanya menikmati aspek estetika melainkan juga nilai arkeologisnya. Orang-orang Belanda, pemilik perkebunan, golongan priayi dan penduduk pribumi yang telah mencapai pendidikan tinggi merupakan masyarakat papan atas, ikut mendorong penyebaran kebudayaan Indies lewat gaya hidup yang serba mewah. Tertarik memiliki koleksi ini ??

No comments:

Post a Comment

Popular Post