Batik Bang Biron Lasem

Merah Batik Lasem Yang Mempesona...

Tak akan habis kata untuk mengungkap rasa kagum kita akan pesona batik pesisir. Salah satu batik pesisir kita dibuat berdecak kagum, terpesona yang telah terkenal sejak zaman ke zaman adalah batik Laseman.

Batik Lasem di masa yang lampau termasyhur karena warna merahnya yang dijuluki abang getih pithik (merah darah ayam). Warna merah alami juga karena kandungan mineral pada air di daerah itu, juga diperoleh dari akar mengkudu dan tidak bisa ditiru di tempat-tempat lain.

Jarang dijumpai kepala bergaya buketan seperti batik Pekalongan. Batik dari daerah Lasem ini juga disebut dengan istilah Laseman. Ornamen motif dan variasi warna batik Lasem lawas klasik sangat unik, sehingga sulit ditiru oleh pembatik era sekarang.

Batik Lasem terkenal dengan akan merahnya (merah darah) isen-isen, cocohan dan latar polos. Tumpal atau kepala kain batik Lasem biasanya berbentuk Pucuk Rebung yang diisi berbagai ragam hias pengaruh kebudayaan China.

Bang biron ; yaitu ragam hias merah dan biru di atas latar putih susu. Badan kain diberi ragam hias tanaman lotus yang luwes dan juga burung hong (fenghuang) melambangkan wanita utama, kelembutan dan keanggunan. Di Jawa pada masa yang silam, burung hong pada batik dianggap penolak bala. Tertarik memilikinya ? SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post