Dirgahayu Ngayogyakarta Hadiningrat Ke 255

Lautan Kawan-Kawan Onthel Mania 

Mangayubagyo saking tanggap warsa kitho Ngayogyakarto Hadiningrat Kaping 255, Mugi Tata-Titi-Tentrem-Kerto-Raharjo...Djogja Istimewa untuk Indonesia.

Nah ini dia berita kawan-kawan Onthelis membanjiri kota Jogja. Onthel Mania memang Oye :), disimak liputannya di berita jogjajavacarnival.com:

Sepeda di malam hari menyambut hari jadi Kota Yogyakarta ke 255, mampu menyulap kawasan Tugu Yogyakarta. menjadi ajang pertemuan komunitas sepeda Yogyakarta dengan masyarakat.  Sejak pukul 22.00 tadi malam para pesepeda sudah merapat di kawaasan Tugu dengan menggunakan berbagai  atributnya . Baju jaman kolonial belanda dan sepeda kuno berbagai macam jenis yang tak ayal  menjadi perhatain warga masyarakat yang juga menyaksikan ” Kerlap Kerlip Ngiring Calon Temanten ”, sebagaimana tema sepeda malam menyambut  HUT kotakali ini. 

Sesaat menjelang perubahan waktu rombongan calon temanten kraton ngayogjokarta, GKR. Bendara dan KPH. Yudanegara yang bersepeda, menjadi perhatain tersendiri. Sehingga jalan Mangkubumi menuju Tugu dijejali warga masyarakt untuk menyaksikannya dari dekat. Sehingga kawasan Tugupun agak sulit diurai untuk ketertiban penonton. 

Para peseda dari berbagai komunitas sebagai besar berangkat dari titik nol kilometer. Dengan didampingi wali kotaYogyakarta Hery Zudianto  pecinta sepeda dan masyarakat menyambut antusias, kemeriahan sepeda malam hari. Bahkan gegap gempita ribuan pesepeda bersorak, menjadi saksi, dengan Ubay sebagai mana panggilan calon menantu Sultan itu menjadi icon Sego Segawe. Sego Sewage adalah singakatan dari Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut gaweSebagaimana dicanangkan Heri Zudianto pada malam itu juga. Bahkan kang Heri sebutan akrap walikota, menginginkan jalan Mangkubumi menjadi ajang pesepeda. Dengan program ” Mangkubumi Late Nite Bicycle” setiap jumat malam, diharapkan akan menjadi pijakan awal adanya kawasan pedestrian di Kota Yogyakarta. 

Tentunya icon baru yang tersebut diharapkan benar-benar dapat menjadi surga pesepeda. Nigt Ride tadi malam yang salah satu even utama HUT Kota  tahun ini, juga dihadiri wawali, Haryadi Suyuti, Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Dandim dan Kapolresta.


Kegiatan tadi malam juga semakin meriah dengan adanya pesta kembang api dan laser serta pesta musik. Sayangnya kegiatan yang menyedot perhatain warga masyarakat , masih butuh pengelolaan penonton yang maksimal. Tidak sedikit warga masyarakat yang kecewa, karena tidak dapat melihat pasangan calon temanten dari dekat. Untuk hari ini, akan dipergelarkan pawai Mozaik. Pawai yang akan akan diikuti lebih dari 3000 peserta akan berangkat dari alun-alun utara menuju balai kotaYogayakarta, mulai pukul 14.00 wib. Sekaligus juga diadakan kegiatan panjat pinang di balai kota.

(diambil dari berita jogjajavacarnival 7 Oktober 2011)





Jogja Mbludag

 

No comments:

Post a Comment

Popular Post