Retro Mania-Radio National Intelic RL 4620

Radio National Intelic RL 4620 dengan gelombang MW/SW, frame radio terbuat sejenis hard board. Untuk nyala dan tidaknya belum pernah dicoba.











Sekelumit cikal bakal Radio National:

PT Transistor Radio Manufacturing adalah pelopor dari pabrik transistor radio yang didirikan oleh Drs. H.Thayeb Moh.Gobel pada tahun 1957, dengan dana pinjaman dari Bank Industri Nasional dengan produk awalnya adalah radio transistor Tjawang. Radio transistor Tjawang seluruh komponennya komponen yang diimpor dari Austria

Pendirian Transistor Radio Manufacturing oleh H.Thayeb Moh.Gobel sendiri adalah terinspirasi dari pidato Presiden Soekarno pada waktu itu yang meninginkan untuk setiap kaum petani dapat menikmati barang mewah seperti radio dan lemari es.

Usahanya terus berkembang sejalan Gobel menjalin kerjasama dengan Matsushita Electric Industrial Co., Ltd. Japan, setelah pertemuan Gobel dengan Konosuke Matsushita founder dari Matsushita Electric Industrial Co., Ltd. Japan. Pada tahun 1960, resmi ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama Teknikal antara PT Transistor Radio Manufacturing dan Matsushita Electric Industrial Co., Ltd. dengan ditandai produksi televise hitam putih pertama di Indonesia.

Pada 1970, Gobel melakukan ekspansi usaha berpatungan dengan Matsushita Electric Industri Vo. Ltd dari Jepang dengan modal US$ 15 juta. Perusahaan radionya berganti nama menjadi National Gobel. Tercatat bahwa pada 1988, Gobel menguasai 22 persen pangsa pasar elektronik di Indonesia, dan mengekspor produknya ke 57 negara.

Sejak tahun 2004, National Gobel berubah menjadi PT. Panasonic Gobel Indonesia.

(diolah dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

Popular Post