Pakaian Cheongsam

Baju Shanghai Kuno



Cheongsam adalah pakaian wanita khas Tiongkok yang populer. Kata “Cheongsam” artinya “Gaun Panjang”dalam dialek Kanton (salah satu bahasa daerah di Tiongkok). Sedangkan bahasa mandarin nya adalah Qipao.



Cheongsam mulai dikenakan pada awal abad 20 oleh para wanita Shanghai. kebanyakan pemakainya adalah guru dan pelajar. Cheongsam menjadi busana wajib bagi wanita yang ingin digolongkan sebagai kalangan wanita menengah ke atas di Shanghai kala itu.



Cheongsam tradisional biasanya hanya berwarna merah dan bahannya juga terbuat dari satin menampilkan kesederhanaan dan keanggunan, kemewahan dan kerapian.



Cheongsam tak hanya menjadi monopoli warga keturunan Tionghoa. Pakaian ini kini menjadi salah satu tren fesyen yang digemari masyarakat luas. Apalagi, Cheongsam saat ini menjadi salah satu tren fesyen internasional.



Tradisi ini tidak pupus oleh waktu dan kemajuan jaman. Cheongsam tetap merupakan busana tradisional yang masih digemari sekaligus kebanggaan bangsa Tionghoa. Baik itu di restoran China maupun maskapai penerbangan China, Cheongsam menjadi seragam kerja yang cantik yang sekaligus menunjukkan keunikan budaya. Tertarik memilikinya ?

No comments:

Post a Comment

Popular Post