Iklan Enamel Roko Prijaji


Hedonisme Dalam Potret Iklan Enamel...

Gaya desain grafis Indies berkembang di masa kolonial Hindia Belanda dan mengalami puncak perkembangan artistiknya di tahun 1930-an. Pada saat kelas priyayi menegaskan dirinya melalui simbol-simbol tertentu (Roko Prijaji), pada saat yang sama kelas bawah berusaha menjadi priyayi dengan mengonsumsi rokok sang priyayi tersebut, seolah sudah seperti priyayi.

Di sinilah hebatnya iklan enamel Roko Prijaji yang mempunyai ukuran 47 cm x 77,5 cm ini bahwa dia mampu menyediakan proses to become somebody else. Proses inilah yang dinamakan alienasi. Melalui priyayi, rokok (seolah) memperoleh tempat sebagai produk berkelas (high culture).

Terlepas dari segala tafsir sosiokulturalnya, karya iklan Roko Prijaji - Sigaret ini telah mampu meninggalkan jejaknya sebagai suatu masterpiece dalam perancangan dunia desain grafis yang berkembang di Indonesia masa lalu (Hindia Belanda), dan mendapatkan predikatnya sebagai bentuk gaya desain grafis yang khas Indonesia. Tertarik memilikinya ??  SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post