Kipas Angin Ned.Indie

N.V NIGM (Nederlandsch Indische Gas Maatschappij)

Ketenaga listrikan di Hindia Belanda dimulai pada akhir abad ke-19, ketika beberapa perusahaan Belanda mendirikan pembangkit tenaga listrik untuk keperluannya sendiri dan pengusahaan tenaga listrik untuk kepentingan umum.

Dimulai sejak perusahaan gas swasta milik Belanda NV. NIGM (Nederlandsch Indische Gas Maatschappij) yang semula hanya bergerak di bidang gas, memperluas usahanya di bidang tenaga listrik pada tahun 1897 yang kemudian meluas dengan berdirinya perusahaan listrik swasta lainnya.

Kipas Angin besi buatan N.V NIGM (Nederlandsch Indische Gas Maatschappij) yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN). Tipe seperti ini sangat umum dimiliki rumah tangga kelas menengah era tahun 1930-an.

Tentu barang lama yang secara kualitas jelas tidak diproduksi sembarangan. Sayangnya, keberadaan koleksi kipas angin tua era Dutch East Indies yang mempunyai ukuran T.41 cm x diameter 34 cm bernuansa masa lampau itu kini terbilang langka dan susah ditemukan. Mau ??SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post