Pintu Kupu Tarung



Pintu Kupu Tarung (Kaca Patri)

Tak hanya megah dan indah, pintu kayu jati kupu tarung memiliki makna simbolis sarat makna dan nilai-nilai sosiokultural. Mempunyai ukuran panel pintu kayu T.193 cm x L.50 cm (sepasang) sedangkan kaca patri ukuran T.100 cm x L.28 cm sudah dilengkapi dengan handle kruk dan espanyolet lawasan, tinggal pasang di kusen saja.

Langgam gaya Arsitektur Indies sebagai perpaduan budaya Belanda dan Jawa juga terjalin dalam ornamen Art Nouveau pada kaca patri warna warni menjadikan pintu ini terkesan antik dan aristocratic. Arsitektur Indies sebagai manifestasi dari nilai-nilai budaya yang berlaku pada zaman itu ditampilkan lewat kualitas bahan dan detail tekstur pengerjaannya.

Orang-orang Belanda, pemilik perkebunan, golongan priayi dan penduduk pribumi yang telah mencapai pendidikan tinggi merupakan masyarakat papan atas, ikut mendorong penyebaran kebudayaan Indies lewat gaya hidup yang serba mewah karena dianggap bisa dijadikan sebagai simbol status dan keagungan.

Namun, setelah zaman kolonialisme Belanda berakhir di era 1930-an, seni kaca patri pun ikut punah dengan sendirinya, karena seniman kaca patri desain Art Nouveau saat itu hampir semuanya adalah orang Belanda yang kembali ke negerinya.

Sinar matahari yang masuk menembus kaca patri lebih mengentalkan keindahan seni. Sinar yang menembus 'menari-nari' didalam kaca, terpantul indah tekstur dan warna-warni yang dihasilkan sangat luar biasa. Tertarik memilikinya ? SOLD OUT

No comments:

Post a Comment

Popular Post