K.P.M - Koninklijke Paketvaart Maatschappij







Koninklijke Paketvaart Maatschappij Souvenir

K.P.M - Koninklijke Paketvaart Maatschappij (bahasa Indonesia: Perusahaan Pelayaran Kerajaan) adalah sebuah perusahaan pelayaran yang mempunyai kedudukan hukum di Amsterdam namun kantor pusat operasinya berada di Batavia (kini disebut Jakarta)

Sejak jaman Hindia-Belanda, perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayaran ini beroperasi mulai dari tahun 1888 dan setelah kemerdekaan Indonesia perusahaan ini masih tetap beroperasi hingga tahun 1960 yang kemudian terkena nasionalisasi dan dilikuidasi kedalam Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni)

Keramik tempat basuh muka buatan Maastricht souvenir dari kapal era Dutch East Indies - Koninklijke Paketvaart Maatschappij (K.P.M) ini mempunyai ukuran T.9 cm x Diameter 30 cm. Perusahaan ini terutama berfokus pada rute pelayaran regular terjadwal bagi penumpang dan muatan kargo antara pulau di Hindia Belanda yang kemudian lebih populer dengan istilah sebagai pelayaran pos antar pulau.

Bagi kalangan pecinta koleksi peninggalan Dutch East Indies, kita bukan hanya menikmati aspek estetika melainkan juga nilai arkeologisnya, niscaya tak ternilai harganya. Jika anda berminat dengan koleksi ini, bisa menghubungi saya di e-mail : kedaibarangantik@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Popular Post