Dutch East Indies Sigaretten



Kertas Etiket Sigaret

Etiket rokok selain berfungsi sebagai jati diri sebuah industri rokok, juga menjadi alat promosi untuk menarik perhatian pembeli. Etiket rokok selain sebagai sebuah karya seni rupa juga mengandung sebuah konsep komunikasi. Etiket rokok sebelum tahun 1960-an nyaris tidak memiliki pesan atau ciri dan keistimewaan suatu produk.

Kebiasaan rokok merokok ternyata telah mengakar dalam masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Jika melihat desain, iklan rokok sigaret itu tampaknya barang lama sekitar tahun 1930 akhir pada saat budaya China mesih memiliki pengaruh kuat di Indonesia. Nah, kalau ditilik dari desain etiket ini dicetak menggunakan dengan letter press, menampakkan raster kasar tapi masih memancarkan gradasi. Penggunaan tipografi sangat baik dan memiliki kerterbacaan yang jelas dan informatif.

Pada umumnya, kemasan-kemasan jaman dulu sering menggunakan nama dan bahkan potret diri sebagai merek produknya. Biasanya produk kaum Tionghoa-lah yang sering memakai potret diri pada kemasan produknya sebagai jaminan personal dari si pemilik bahwa produknya itu memang berkualitas dan lebih memberikan kesan kepada konsumen untuk mudah diingat. Tertarik memilikinya ??

No comments:

Post a Comment

Popular Post