Setrika Antik China









Setrika Oriental Kuningan

Tidak seorang pun dapat mengetahui kapan tepatnya orang-orang mulai mencoba untuk menekan atau menyetrika kain halus. Tetapi kita tahu bahwa peradaban China menggunakan bara panas di panci logam kuningan terbuka untuk menyetrika.

Prinsip dasarnya tidak berbeda jauh dari setrika arang besi yang tertutup. Panci kuningan diisi dengan bara panas ditekan di atas kain membentang seperti yang diilustrasikan pada gambar.

Di China, metode menyetrika seperti sudah diperkenalkan sejak seribu tahun yang lalu, kunjungi web berikut http://www.chinesecol.com/treasure13.html

Setrika panci kuningan dengan motif ornamen Tionghoa dan terdapat kepala kilin pada gagang setrika (sambungan pegangan kayu sudah hilang) ini sungguh mempesona masih tampak kokoh dan mantap.

Dari segi tampilan, setrika konvensional antik ini tak kalah menarik dengan barang modern bahkan masih berfungsi sebagaimana mestinya, walau usianya tergolong renta. Tentu barang lama yang secara kualitas jelas tidak diproduksi sembarangan.

Setrika oriental ini mempunyai ukuran P.17 cm x T.9 cm x Diameter 10 cm ini unik untuk menarik perhatian. Tak sekedar pajangan, barang barang ini menyimpan banyak cerita tentang budaya dan kebiasaan adat Tionghoa tradisi masa lampau yang kental dengan gaya hidup saat itu; yang bersahaja. SOLD OUT

2 comments:

Anonymous said...

Saya punya ini setrika antik.. Kalo boleh informasi terjual berapa setrika ini..

http://tumbasbuku.com said...

Pasang nomor telepon aja gan di koment biar yang tertarik bisa menghubungi anda... perkiraan kalo 3jt bisa laku... antik banget soale ..

Post a Comment

Popular Post